Mengasah Diri Lewat Magang

Mengasah Diri Lewat Magang

December 7, 2012
/ /
in News
/

Suasana kampus Rumah Gemilang Indonesia satu bulan terakhir ini terasa lengang. Kampus yang kesehariannya full kegiatan pendidikan dan pelatihan peserta diklat baik teori maupun praktek, kini sepi karena mereka dalam pemagangan. Program reguler diklat RGI angkatan ke-7 memasuki tahapan terakhir, yaitu pemagangan di perusahaan atau lembaga yang bidangnya berkaitan dengan keterampilan masing-masing kelas. Di saat yang sama, manajemen RGI sedang melaksanakan proses rekrutmen peserta untuk angkatan ke-8.

“Wah, asik pak. Kita magang bareng sama mahasiswa kampus-kampus keren”, cerita Syahrul. Syahrul adalah salah satu peserta diklat kelas keterampilan teknik komputer dan jaringan yang mendapatkan tugas magang di pusat Teknologi Informasi salah satu BUMN. “Fasilitasnya oke, terus banyak ilmu tambahan yang saya dapati yang ga ada di RGI”, tambah Syahrul.

Lain dengan Syahrul, lain pula cerita suka duka Nururrohman dari kelas fotografi dan videografi. Ia bersama tiga peserta diklat yang lain dari kelas desain grafis dapat tugas magang di perusahaan IT yang berlokasi di Gedung Graha BIP,  Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan. “Pak, sekarang musim hujan. Kami sering banget kehujanan basah kuyup kalau sore pulang. Ada biaya buat beli susu untuk  kami ga Pak, biar tenaga kami tambah kuat”, pinta Nururrohman sambil tersenyum.  “Tapi saya sangat bersyukur disana (tempat magang). Selain banyak teman baru, saya juga dapat pengalaman dan tantangan baru dari perusahaan”, imbuh Nururrohman yang setiap harinya berangkat Subuh pulang Isya’ layaknya pekerja. Ia bersama timnya ditugasi mendokumentasikan melalui foto dan video semua kegiatan perusahaan, termasuk training di beberapa tempat.

Melalui kegiatan pemagangan, RGI ingin menguatkan mental peserta diklat. Selama magang mereka terlatih untuk disiplin, kerja tim, inisiatif, berkomunikasi dengan baik, dan memperluas jaringan. Selain itu, ilmu dan keterampilan yang mereka pelajari di RGI dapat diaplikasikan di tempat magang. Jadi, kemampuan skill keterampilan, pengetahuan dan intelektual, komunikasi interpersonal dan attitude dapat terus diasah dan dimatangkan dalam proses pemagangan.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*