Pembukaan dan Orientasi Ibu Kreatif angkatan 4

Pembukaan dan Orientasi Ibu Kreatif angkatan 4

March 22, 2013
/ /
in News
/

Sawangan (16/03/2013) tengah dilaksanakan pembukaan dan orientasi Ibu Kreatif di Rumah Gemilang Indonesia.  Ibu Kreatif adalah Program khusus ibu-ibu rumah tangga dengan materi pelatihan keterampilan handicrafts. Masa pelatihan adalah 3 bulan teori dan praktek ditambah 1 bulan workshop. Selain teori dan praktek keterampilan, selama 6 kali pertemuan ibu-ibu peserta program juga dibekali ilmu kewirausahaan oleh instruktur yang kompeten. Materinya, mulai kewirausahaan dalam Islam, etika berdagang, analisis biaya produksi dan penjualan, strategi marketing yang efektif, pembukuan sederhana sampai bagaimana mendapatkan akses bantuan permodalan. Setelah diklat, peserta didampingi dalam kewirausahaan dengan stimulus  usaha kelompok. Jumlah peserta setiap angkatan 20 orang.

Seperti halnya program regular, kurikulum Ibu Kreatif juga memuat materi spiritual. Setiap pagi selama 1 jam sebelum masuk kelas keterampilan, seluruh peserta wajib mengikuti taklim didampingi ustadz khusus. Meteri taklim tentang kajian al-Qur’an dan agama Islam, belajar membaca al-Qur’an, dan motivasi spiritual. Materi sangat strategis mengingat ibu-ibu memiliki peran yang sangat penting dan menentukan dalam keharmonisan keluarga. Jadi, selepas pelatihan RGI selain memiliki keterampilan khusus handicraft, ibu-ibu juga diharapkan mampu menjadi ibu dan istri idaman dalam rumah tangga.

Alumni Ibu Kreatif saat ini sedang mengembangkan usaha produksi beragam handicrafts. RGI memfasilitasi ruangan khusus produksi handicrafts. Modal usahapun disiapkan RGI sebagai stimulus. Dalam beberapa event pameran produk dan bazar lokal maupun nasional, karya Ibu Kreatif turut andil. Pembiayaan pelatihan dan fasilitas modal usaha disiapkan RGI dengan bersinergi bersama CSR perusahaan dan sumber donor lainnya.

Ibu kreatif yang berjalan saat ini telah memasuki angkatan yang ke-4. Dalam pembukaan tersebut Bapak Harry Rachmad selaku Direktur Al-Azhar Peduli Ummat menyerahkan peralatan Handicraft kepada salah satu peserta Ibu Kreatif sebagai simbolis dibukanya Ibu Kreatif angkatan 4, semoga program ini berjalan lancar. Aamiin

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*