Sinergi dan Kemitraan

SINERGI DAN KEMITRAAN

Kemitraan menjadi strategi dan kekuatan penting. Dalam mengoptimalkan proses dan output program RGI terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, yaitu :

  • Sinergi dan kemitraan dengan donatur, CSR atau lembaga pendonor dalam pembiayaan operasional dan pengadaan peralatan pelatihan.

Dalam proses diklat, RGI membutuhkan dana operasional yang cukup besar dan kontinyu. Karena program diklat adalah full beasiswa, RGI terus berikhtiar menggalang dukungan materi maupun non materi dari berbagai pihak. Selain itu, RGI juga sedang menjalankan unit usaha yang hasilnya untuk kemandirian pembiayaan RGI di masa mendatang.

  • Sinergi dan kemitraan dengan perusahaan atau unit usaha dalam pemagangan, factory tour & penyaluran tenaga kerja.

RGI bukan semata menyelenggarakan diklat keterampilan. Upaya membuka dan memudahkan akses lapangan kerja bagi alumni terus dilakukan. Apalagi sebagian besar peserta diklat tidak memiliki ijazah yang memadahi sebagai syarat melamar pekerjaan di sector formal. Bahkan mereka tidak memiliki ijazah, karena tidak pernah lulus sekolah atau ijazah belum dapat diambil di sekolah karena belum melunasi tunggakan sekolah. Oleh karenanya, RGI berikhtiar menjalin kemitraan dengan perusahaan atau unit usaha yang membutuhkan tenaga terampil dan berakhlaq baik tanpa persyaratan ijazah tertentu.

Namun demikian, bukan berarti RGI mengarahkan semua peserta diklat untuk bekerja sebagai karyawan. RGI lebih mendorong dan mengarahkan alumninya untuk berwirausaha, membuka lapangan sendiri. Bahkan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

  • Kemitraan dengan LAZ, BAZ, dan lembaga-lembaga¬† di daerah dalam perekrutan peserta diklat di wilayah Indonesia.

Upaya sosialisasi RGI agar nilai manfaatnya dapat dirasakan masyarakat luas di wilayah Indonesia salah satunya dengan bermitra dengan jejaring dan lembaga-lembaga daerah. Jejaring dan lembaga daerah dapat merekomendasikan peserta diklat kepada RGI dengan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan RGI. Seleksi administrasi, wawancara dan survey dilakukan oleh mitra daerah.

2 Comments

  1. hendra February 26, 2016 10:34 AM

    Salam kenal saya hendra, selain bekerja di kantoran saya juga memiliki usaha kecil kecilan yg baru mulai dan merintis usaha di bidang kuliner gorengan dan roti. Bila di mungkinkan saya bersedia menampung 1 atau 2 orang peserta didik yang ingin belajar bersama sama menjalankan usaha gorengan dan roti.

    Reply
    • rumahgemilang March 1, 2016 9:18 AM

      Baik, nanti saya akan informasikan kepada alumni.

      Reply

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*