Semangat Sumpah Pemuda, APU Cetak Generasi Mandiri

Rumah Gemilang Indonesia

Semangat Sumpah Pemuda, APU Cetak Generasi Mandiri

October 8, 2015
/ /
in News
/
Setiap tanggal 28 Oktober rakyat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Bunyi Sumpah Pemuda yang merupakan ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Kini negara Indonesia sudah berdiri dan merdeka. Namun masih ada yang harus terus diperjuangkan oleh generasi pengisi kemerdekaan saat ini, yakni menciptakan kesejahteraan ke seluruh pelosok negeri menuju Indonesia Gemilang.
 
Al Azhar Peduli Ummat dengan program Rumah Gemilang Indonesia (RGI) terbukti telah mampu menjadi pusat pemberdayaan pemuda produktif yang telah menebar nilai-nilai kemandirian kepada ribuan generasi muda putus sekolah dari 60 kota se-Indonesia. Berdiri sejak tahun 2009 RGI telah meluluskan lebih dari 800 alumni yang kini mampu mandiri dan menjadi tulang punggung keluarga.

Kegiatan Belajar di RGI

Di kampus RGI peserta diklat dibekali dengan keterampilan dan keahlian oleh para instruktur professional di bidangnya. Terdapat 6 kelas keterampilan yang dibuka, yaitu : Desain Grafis, Teknik Komputer dan Jaringan, Fotografi dan Videografi, Menjahit dan Tata Busana, Aplikasi Perkantoran dan Teknik Otomotif. Selama 6 bulan pula mereka digembleng menjadi pemuda berkeahlian, memiliki wawasan pengetahuan dan keagamaan yang luas, berakhlaq baik dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi, serta memiliki semangat mandiri dan kemampuan leadership yang baik.
 
Dari data yang dihimpun oleh manajemen RGI, 90 % alumni RGI telah berpenghasilan dengan berbagai jenis kegiatannya. Sedangkan 10 % nya mereka belum berpenghasilan karena sebagian harus menjadi ibu rumah tangga dan sebagian lainnya karena sakit. Sebanyak 50 % dari 90 % yang berpenghasilan, mereka bekerja di bidang sesuai basic keterampilannya. Sedangkan yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan keahliannya 10 %. Dan, 30 % nya berwirausaha dengan bidang yang terkait langsung dengan basic keahliannya maupun tidak terkait langsung.
Pembukaan Beasiswa 3G th ajaran 2014/2015

Pembukaan Beasiswa 3G th ajaran 2014/2015

Selain RGI, melalui program Beasiswa 3G APU juga telah menyelamatkan generasi yang hampir putus sekolah. Beasiswa 3G adalah program beasiswa untuk murid kelas 3 SMA/sederajat dari keluarga tidak mampu. Memasuki usianya yang ke 6 tahun penerima manfaat program ini mencapai 2.108 murid.
 
Jika biasanya beasiswa ditujukan untuk murid berprestasi, beasiswa 3G justru untuk mereka yang IQ nya biasa saja, asal memiliki semangat tinggi untuk belajar. Beasiswa yang mereka dapatkan berupa bantuan biaya SPP & UN, serta pembinaan dan pendampingan (motivasi, belajar, spiritual) selama 1 tahun.
 
Selain itu peserta Beasiswa 3G juga didorong dan dimotivasi untuk berani mengoptimalkan bakat dan seni yang dimiliki. Ikhtiar ini sebagai upaya mewadahi kreatifitas murid-murid dan menyibukkan mereka dengan aktifitas positif-edukatif untuk menguatkan karakter mereka sebagai anak bangsa.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*