Undangan Khusus PT. YKK Zipper Indonesia

Undangan Khusus PT. YKK Zipper Indonesia

May 27, 2013
/ /
in News
/

Program Factory Tour Rumah Gemilang Indonesia kali ini sedikit berbeda, biasanya RGI yang mengajukan permohonan kebeberapa perusahaan terkait jenis keterampilan peserta didik RGI untuk belajar dan mengali ilmu secara langsung. Jum’at, 17 Mei 2013, 20 peserta Diklat Rumah Gemilang Indonesia kelas keterampilan Menjahit&Tatabusana mendapat undangan langsung untuk berkunjung ke PT. YKK Zipper Indonesia yang berlokasi di Cimanggis, Depok. Perusahaan ternama dibidang resleting ini bak perusahaan raksasa dan tak tertandingi bila bicara soal produk resleting. Mendengar aktifitas yang dilakukan Rumah Gemilang Indonesia sebagai pusat pemberdayaan dan keterampilan generasi produktif milik Al-Azhar Peduli Ummat yang mencetak insan gemilang salah satunya memiliki kelas keterampilan Menjahit dan Tata Busana, membuka pintu perusahaannya untuk dikunjungi oleh peserta didik RGI.

Sekitar pukul 07.45 WIB, rombongan sampai di halaman PT. YKK Zipper Indonesia. Peserta  disambut oleh 4 orang pemandu yang telah siap menerima kami dalam kunjungan ini. Seluruh peserta diajak masuk ke dalam suatu ruangan yang memiliki dinding yang dihiasi oleh resleting yang diproduksi oleh PT. YKK. Luar biasa sekali ternyata resleting tidak hanya digunakan di pakaian, tetapi juga dapat dibuat sebagai interior ruangan. Para pemandu mengajak kami memasuki ruangan khusus yang dinamakan ruang “Fastening Experience”. Program Fastening Experience ini merupakan salah satu program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. YKK Zipper Indonesia sebuah perusahaan Jepang yang memproduksi assesoris untuk pakaian, seperti resleting, kancing, dan perekat. Di dalam ruang ini peserta dijelaskan sejarah berdirinya perusahaan serta produk apa saja yang dibuat diperusahaan.

Selanjutnya peserta dipandu untuk memasuki ruangan dengan pintu terbuat dari beberapa resleting. Yang uniknya cara masuk ke ruang tersebut beberapa anak memegang atas resleting dan dalam hitungan ketiga secara bersamaan kami menarik resleting tersebut. Ruangan berikutnya adalah ruangan yang menyimpan sample seluruh produk yang dihasilkan PT. YKK Zipper Indonesia. Resleting yang dihasilkan PT. YKK ini bemacam-macam, ada resleting metal, resleting plastik dan resleting yang bisa menyala dalam kegelapan. Yang diproduksi di prabrik Cimanggis yaitu resleting metal dan plastik, sedangkan resleting sulfur atau bisa menyala itu di produksi di pabrik YKK di Cibitung, Bekasi. Kami diperlihatkan bagaimana menguji kekuatan resleting dengan sebuah permainan yang telah disediakan. Di program Fastening Experience ini, berbagai permainan disediakan untuk menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan oleh PT. YKK Zipper Indonesia, seperti permainan perekat, tarik perekat, kekuatan resleting dan melihat resleting yang dibuat di baju astronot.

Kunjungan kali ini membuat seluruh peserta fun and happy menikmati setiap detailnya penjelasan mengenai resleting yang ternyata memiliki banyak jenis dan fungsi serta kegunaan. “kami tahunya pakai celana atau baju yang bersleting tapi tidak pernah tahu siapa dibalik pembuat dan yang memproduksinya sekarang bisa ngeliat langsung” ungkap Yuni sambil terus mengagumi jenis resleting yang dipegangnya. Selain mendapat wawasan baru, peserta dapat melihat langsung cara pembuatannya. “Kami diajak mengelilingi ruang pabrik pembuatan resleting, walaupun panas karena pembuatan resleting ini menggunakan suhu hingga 450’ C untuk peleburan bahan metal nya tapi kami senang” papar Wiwit salah satu peserta Menjahit dan Tata Busana ini.

Sebagai kegiatan akhir, peserta membuat sebuah permainan kuis tanya jawab antar peserta yang berkaitan dengan kegiatan hari itu. Bagi yang menang mendapat sebuah souvenir yang dibuat oleh PT. YKK. Tidak hanya pemenang yang mendapatkan souvenir, ternyata semua mendapatkan souvenir sebagai kenang-kenangan atas kunjungan ini. Sebagai bentuk ucapan dan rasa terima kasih kedua belah pihak saling bertukar cenderamata, penyerahan kenang-kenangan sebuah pigura resleting asli Jepang dari pihak YKK ke pada pihak RGI dan plakat hasil desain siswa RGI kepada PT. YKK Zipper Indonesia.

 

Redaksi

Rumah Gemilang Indonesia

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*