Wisuda Akbar RGI Al-Azhar Peduli Ummat Angkatan 8 & 9 Generasi Produktif Siap Menyonsong Masa Depan

Wisuda Akbar RGI Al-Azhar Peduli Ummat Angkatan 8 & 9 Generasi Produktif Siap Menyonsong Masa Depan

December 23, 2013
/ /
in News
/

Beasiswa, tentunya tak asing bagi kita. Program memberikan bantuan dalam bentuk keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Namun, beasiswa yang sering kita pahami diberikan bagi mereka yang lulus seleksi memiliki kepintaran dan juara dikelasnya. Banyak perorangan atau perusahaan yang menyediakan fasilitas beasiswa tetapi hanya diperuntukan bagi mereka yang pintar. Lantas bagaimana nasib anak Indonesia yang tidak memiliki akses pendidikan dan menikmati dunia pendidikan dari kecil karena keterbatasan ekonomi orang tua, apakah kemudian masa depan mereka mati begitu saja?

Rumah Gemilang Indonesia (RGI) merupakan “proyek dakwah dan pendidikan” dari Al-Azhar Peduli Ummat. Visi yang diemban Rumah Gemilang Indonesia Al-Azhar Peduli Ummat adalah menjadi pusat pemberdayaan dan pelatihan keterampilan pembentukan karakter sumber daya manusia yang produktif dan berdaya saing. Visi ini kemudian didukung dengan misi memberikan pembinaan keterampilan produktif dalam bentuk pendidikan dan pelatihan, memperkuat fundamental spritualitas mereka, dan membangun jejaring penyaluran tenaga kerja.

Tujuan Rumah Gemilang Indonesia mewujudkan life skill Training Center untuk generasi kurang mampu secara ekonomi, khususnya yang berusia produktif, untuk kemudian menyediakan tenaga terampil yang siap terjun ke dunia usaha.

Kurikulum pendidikan dan pelatihan Rumah Gemilang Indonesia (RGI) diarahkan pada pelatihan keterampilan hidup (life skill) yang berorientasi pada pencapaian tujuan yaitu untuk membentuk karakter sumber daya manusia (SDM) yang produktif dan berdaya saing sehingga mereka siap terjun ke dunia usaha sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Itu sebabnya, muatan kurikulum RGI memadukan tiga domain pendidikan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun lebih dititikberatkan pada aspek psikomotorik karena lebih difokuskan pada pendidikan keterampilan. Bidang keterampilan yang diberikan kepada peserta yaitu keterampilan Tatabusana, Teknik Komputer dan Jaringan, Aplikasi Perkantoran, Fotografi/Videografi, dan Desain Grafis.

Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas selain di bidang keterampilan hidup (life skill), peserta juga diberikan pelatihan motivasi, kewirausahaan, dan keagamaan yang merupakan ciri khas lembaga pendidikan keterampilan RGI. Pembinaan mental dan keagamaan dilakukan setiap hari yang dirangkaikan dalam kegiatan praktek keagamaan sehari-hari seperti: shalat dhuha, shalat wajib berjamaah dan doa bersama sebelum memulai pelatihan, tadarus al-Quran, kajian hadits, taushiah, dan sebulan sekali diadakan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT).

Selama ini kita menyakini bahwa akar kemiskinan dapat ditumbangkan jika rakyat disuatu negara telah memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan dan pendidikan yang baik, juga memberikan kesempatan bagi setiap warga negara untuk memperoleh akses pendidikan dan kesempatan hidup lebih baik. Atas dasar pemikiran itulah Rumah Gemilang Indonesia Al-Azhar Peduli Ummat hadir, berikhtiar menjadi pusat pendidikan dan pelatihan keterampilan dan pemberdayaan generasi usia produktif agar menjadi pribadi unggul yang dapat bersaing dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat disekitarnya. RGI memberikan kesempatan pendidikan berupa pelatihan keterampilan dengan mengolah skill anak, sehingga tak perlu mereka yang pintar dan berprestasi untuk masuk RGI tetapi mereka yang memiliki tekad kuat, kemauan dan motivasi untuk mengubah masa depan mereka menjadi lebih baik. Tepat 4 tahun RGI berdiri, telah meluluskan 645 alumni dari beberapa jurusan keterampilan, diantaranya Desain Grafis, Tata Busana, Teknik Komputer dan Jaringan, Fotografi dan Videografi serta Aplikasi Perkantoran dengan pesertanya berasal hampir dari seluruh Indonesia.

Rumah Gemilang Indonesia Al-Azhar Peduli Ummat sudah menorehkan sejarah. Kita berharap kisah keberhasilannya selama ini bisa dituturkan kembali kepada generasi berikutnya dengan ‘tembang’ yang terus bergema memenuhi ruang peradaban dan menjadi inspirasi bagi siapapun.Tetapi, RGI yang kecil ini belum sebanding dengan jumlah warga negara yang miskin dan tak mampu memperoleh pengetahuan keterampilan, maka dibutuhkan banyak tangan dan kepala untuk mewujudkan RGI hadir dibanyak tempat dan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh anak Indonesia.

 

Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi:

Ahmad Ahidin

Hp. 0852199661007

Rumah Gemilang Indonesia

Jl. Pengasinan RT. 01/06, Kp. Kebon Kopi, Kel. Pengasinan

Kec. Sawangan Kota Depok Jawa Barat 16518

Telp: (0251) 8616466 Fax: (0251) 8614382

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*